Jumat, 09 November 2012

TUGAS 1 PENILAIAN OTENTIK



INSTRUMEN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA


“TUGAS PENILAIAN OTENTIK PENDIDIKAN IPA”









            Dosen Pengampu:
            Dr. Risnita, M.Pd
                                                                Dr. Syamsurizal, M.Si
                                                       Dr. rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Si







Oleh
Devi Kurnia Fitri
A2F011030



PROGRAM PASCASARJANA PENDIDIKAN IPA
UNIVERSITAS JAMBI
2012





INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA MATEMATIKA


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Melukis segitiga, garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu suatu segitiga
Melukis garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu

Uraian Tugas

·         Tugas dikerjakan secara individu
·         Diketahui sebuah segitiga PQR dengan panjang sisi-sisinya 6 cm, 8 cm, dan 9 cm. Lukislah semua garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis berat pada segitiga tersebut dengan penggaris dan jangka





Format Penilaian Kinerja

Mata Pelajaran/Kelas                          : Matematika/ VII
Kompetensi Dasar                               : Melukis segitiga, garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu
Indikator Pencapaian Kompetensi       : Melukis garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu


No
Nama



Aspek yang dinilai



Nilai
Keterangan


Cara menggunakan alat
Cara melukis garis bagi
Cara melukis garis tinggi
Cara melukis garis berat
Cara melukis garis sumbu
Kecermatan melukis
Kebenaran hasil lukisan


1.
2.
.
.
.

Anita
Kurnia
.
.
.
4
1

3
1
4
1
3
1
3
1
3
1
3
1
23
7
Amat baik
Kurang
Catatan :

v  Aspek yang dinilai diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria :
Kriteria cara menggunakan alat :
Skor 1 =  tidak menggunakan jangka,dan penggaris
Skor 2 =  ada banyak kesalahan dalam memegang jangka, dan penggaris
Skor 3 =  ada sedikit kesalahan dalam memegang jangka, dan penggaris
Skor 4 =  tanpa kesalahan dalam memegang jangka, dan penggaris

Kriteria cara melukis garis bagi
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis bagi
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis bagi
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis bagi
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis bagi

Kriteria Cara melukis garis tinggi
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis tinggi
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis tinggi
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis tinggi
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis tinggi

Kriteria cara melukis garis berat
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis berat
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis berat
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis berat
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis berat

Kriteria cara melukis garis sumbu
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis sumbu
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis sumbu
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis sumbu
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah melukis garis sumbu

Kriteria kecermatan melukis
Skor 1 = tidak ada kecermatan dalam langkah-langkah melukis garis tersebut
Skor 2 = kurang cermat dalam langkah-langkah melukis garis tersebut karena masih
   banyak kesalahan
Skor 3 = cermat dalam langkah-langkah melukis garis tersebut walaupun masih
   ada sedikit kesalahan
Skor 4 = sangat cermat dalam langkah-langkah melukis garis tersebut dan tidak ada kesalahan


Kriteria kebenaran hasil lukisan
Skor 1 = tidak ada kebenaran dalam hasil lukisan
Skor 2 = kurang benar dalam hasil lukisan terhadap garis tersebut karena masih
   banyak kesalahan
Skor 3 = benar dalam hasil lukisan terhadap garis tersebut walaupun masih ada
   sedikit kesalahan
Skor 4 = sangat benar dalam hasil lukisan terhadap garis tersebut dan tidak ada kesalahan


v  Skor maksimal = 28
v  Skor minimal = 7

v  Nilai merupakan jumlah dari skor tiap-tiap aspek penilaian

v  Keterangan diisi dengan kriteria sebagai berikut :
                       
22 – 28 = amat baik
15 – 21 = baik
  8 – 14 = sedang
  1 – 7   = kurang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar