INSTRUMEN
PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
“TUGAS
PENILAIAN OTENTIK PENDIDIKAN IPA”
Dr. Risnita, M.Pd
Dr. Syamsurizal, M.Si
Dr.
rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Si
Oleh
Devi Kurnia Fitri
A2F011030
PROGRAM PASCASARJANA PENDIDIKAN IPA
UNIVERSITAS JAMBI
2012
INSTRUMEN
PENILAIAN KINERJA MATEMATIKA
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Memahami
konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
Melukis
segitiga, garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu
|
Menggunakan
penggaris dan jangka untuk melukis garis bagi, garis tinggi, garis berat dan
garis sumbu suatu segitiga
|
Melukis
garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu
|
Uraian Tugas
·
Tugas dikerjakan secara individu
·
Diketahui sebuah segitiga PQR dengan
panjang sisi-sisinya 6 cm, 8 cm, dan 9 cm. Lukislah semua garis tinggi, garis
bagi, garis berat dan garis berat pada segitiga tersebut dengan penggaris dan
jangka
Format
Penilaian Kinerja
Mata
Pelajaran/Kelas :
Matematika/ VII
Kompetensi
Dasar :
Melukis segitiga, garis bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu
Indikator
Pencapaian Kompetensi : Melukis garis
bagi, garis tinggi, garis berat dan garis sumbu
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||||
Cara
menggunakan alat
|
Cara
melukis garis bagi
|
Cara
melukis garis tinggi
|
Cara
melukis garis berat
|
Cara melukis
garis sumbu
|
Kecermatan
melukis
|
Kebenaran
hasil lukisan
|
||||
1.
2.
.
.
.
|
Anita
Kurnia
.
.
.
|
4
1
|
3
1
|
4
1
|
3
1
|
3
1
|
3
1
|
3
1
|
23
7
|
Amat
baik
Kurang
|
Catatan
:
v Aspek yang
dinilai diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria :
Kriteria cara menggunakan alat :
Skor 1 =
tidak menggunakan jangka,dan penggaris
Skor 2 = ada
banyak kesalahan dalam memegang jangka, dan penggaris
Skor 3 = ada
sedikit kesalahan dalam memegang jangka, dan penggaris
Skor 4 =
tanpa kesalahan dalam memegang jangka, dan penggaris
Kriteria cara melukis garis bagi
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis bagi
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis
garis bagi
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis bagi
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis bagi
Kriteria Cara melukis garis tinggi
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis tinggi
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis
garis tinggi
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis tinggi
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis tinggi
Kriteria cara melukis garis berat
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis berat
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis
garis berat
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis berat
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis berat
Kriteria cara melukis garis sumbu
Skor 1 = tidak melakukan kegiatan melukis garis sumbu
Skor 2 = ada banyak kesalahan dalam langkah-langkah melukis
garis sumbu
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis sumbu
Skor 4 = tanpa kesalahan dalam langkah-langkah
melukis garis sumbu
Kriteria kecermatan melukis
Skor 1 = tidak ada kecermatan dalam langkah-langkah
melukis garis tersebut
Skor 2 = kurang cermat dalam langkah-langkah melukis
garis tersebut karena masih
banyak kesalahan
Skor 3 = cermat dalam langkah-langkah melukis garis
tersebut walaupun masih
ada sedikit kesalahan
Skor 4 = sangat cermat dalam langkah-langkah melukis
garis tersebut dan tidak ada kesalahan
Kriteria kebenaran hasil lukisan
Skor 1 = tidak ada kebenaran dalam hasil lukisan
Kriteria kebenaran hasil lukisan
Skor 1 = tidak ada kebenaran dalam hasil lukisan
Skor
2 = kurang benar dalam hasil lukisan terhadap garis tersebut karena masih
banyak kesalahan
Skor
3 = benar dalam hasil lukisan terhadap garis tersebut walaupun masih ada
sedikit kesalahan
Skor
4 = sangat benar dalam hasil lukisan terhadap garis tersebut dan tidak ada
kesalahan
v Skor maksimal =
28
v Skor minimal = 7
v Nilai merupakan
jumlah dari skor tiap-tiap aspek penilaian
v Keterangan diisi
dengan kriteria sebagai berikut :
22 – 28 = amat baik
15 – 21 = baik
8 – 14 =
sedang
1 – 7 = kurang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar