Sabtu, 24 November 2012

TUGAS PENILAIAN OTENTIK 2



INSTRUMEN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA


“TUGAS PENILAIAN OTENTIK PENDIDIKAN IPA”






















OLEH
DEVI KURNIA FITRI
A2F011030



PROGRAM PASCASARJANA PENDIDIKAN IPA
UNIVERSITAS JAMBI
2012







INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK PEMBELAJARAN MATEMATIKA STATISTIKA
                 

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator






Melakukan pengelolaan dan penyajian
Menentukan rata-rata, median dan modus data tunggal serta penafsirannya
·   Mean, median, modus dibedakan sesuai dengan pengertiannya
·   Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal





            Keterampilan sains : observasi, communicating, measuring/calculating,
                        classifying, conclusion, dan prediction

            Uraian Tugas :
           
Tugas ini dikerjakan secara kelompok, masing-masing kelompok paling banyak 4
orang. Setiap kelompok mengambil berbagai jenis bentuk daun yang ada di sekolah sebanyak 15 helai daun yang berbeda.

Alat dan Bahan : pena, kertas, buku paket, daun, penggaris

a.       Tahap Observasi
Siswa mengamati alat dan bahan yang diperlukan, kemudian mengamati lingkungan sekolah terutama tumbuhannya untuk menentukan daun apa yang akan diambil.

b.      Tahap Classifying
Setelah mengamati daun pada tumbuhan yang ada di sekolah, setiap kelompok melakukan klasifikasi terhadap daun pada tumbuhan tersebut sehingga diperoleh jenis dan bentuk daun yang berbeda

c.       Tahap Measuring
Setelah masing-masing kelompok mengumpulkan sebanyak 15 helai daun, kemudian dilakukan pengukuran terhadap masing-masing daun yang mereka peroleh. Kemudian mencatat data pengukuran mereka dan menentukan rata-rata(mean), median dan modus dari data tersebut.






Panjang Daun
Banyak Daun
Mean
Median
Modus









































































d.      Tahap Communicating
Pada tahap ini setiap kelompok mempresentasikan hasil pengukuran yang telah mereka peroleh berupa laporan. Laporan tentang hasil yang diperoleh meliputi:
1). Penyajian data dikelompokkan dalam bentuk table data tunggal
2). Penjelasan mengenai makna dari mean, median, modus
3). Hasil mean (rataan hitung), median dan modus dari data yang diperoleh
           
e.       Tahap Conclusion
Pada tahap ini siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan mengenai pengelolaan (menentukan mean, median, modus) dan penyajian (dalam bentuk table tunggal) data .

f.       Tahap Prediction
Pada tahap ini siswa memprediksi mean,median,modus jika data pengukurannya menjadi 20 data, dengan data tambahan sebagai berikut: 7,8 cm ; 10,7 cm ; 13,4 cm ; 9,2 cm ; 14,3 cm

Panjang Daun
Banyak Daun
Mean
Median
Modus















































































































































INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK

Mata Pelajaran      : Matematika
Alokasi Waktu      :
Nama Guru           :
Kelas                     : IX
Nama


       Aspek
Penilaian


Nilai
Ket

Tahap Observasi
Tahap classifying
Tahap measuring/calculating
Tahap communicating
Tahap conclusion
Tahap prediction



1 2  3 4   
1  2 3 4   
1   2    3   4  
1   2  3  4 
1  2  3 4  
1  3  4


A
                   
      
               
        
      
       
20
Amat baik
B








C
.
.
.









Catatan :
a.       Kriteria Penskoran:

Tahap Observasi
Skor 1 = tidak melakukan pengamatan terhadap tugas yang diberikan
Skor 2 = pengamatan yang dilakukan tidak sesuai dengan uraian tugas yang
        diberikan karena alat yang diperlukan tidak lengkap sebanyak 2 alat
Skor 3 = pengamatan yang dilakukan tidak sesuai dengan uraian tugas yang
        diberikan karena alat yang diperlukan tidak lengkap sebanyak 1 alat
Skor 4 = pengmatan yang dilakukan sesuai dengan uraian tugas yang diberikan
         dan alat yang diperlukan sangat lengkap
           
                  Tahap Classifying
Skor 1 = tidak mengumpulkan daun yang berbeda jenisnya
Skor 2 = mengumpulkan daun yang berbeda jenisnya tetapi kurang dari 10 helai
         daun
Skor 3 = mengumpulkan daun yang berbeda jenisnya lebih dari 10 tetapi kurang
              dari 15 helai daun
Skor 4 = mengumpulkan daun yang berbeda jenisnya tepat 15 helai daun

Tahap Measuring/Calculating
Skor 1 = tidak melakukan perhitungan mean, median, modus terhadap data
Skor 2 = melakukan perhitungan mean, median, modus terhadap data pengukuran
               tetapi banyak kesalahan dalam perhitungan
Skor 3 = melakukan perhitungan mean, median, modus terhadap data pengukuran
         tetapi ada sedikit kesalahan dalam perhitungan
Skor 4 = melakukan perhitungan mean, median, modus terhadap data pengukuran
         dan tidak ada kesalahan dalam perhitungan

Tahap Communicating
Skor 1 = tidak mempresentasikan laporan sesuai dengan uraian tugas yang
         diberikan
Skor 2 = mempresentasikan laporan sesuai dengan uraian tugas yang diberikan
         tetapi dengan bahasa yang tidak komunikatif
Skor 3 = mempresentasikan laporan sesuai dengan uraian tugas yang diberikan
         tetapi dengan bahasa yang kurang komunikatif
Skor 4 = mempresentasikan laporan sesuai dengan uraian tugas yang diberikan
         dengan bahasa yang komunikatif

Tahap Conclusion
Skor 1 = tidak memberikan kesimpulan terhadap kegiatan pembelajaran yang
               telah dilakukan
Skor 2 = memberikan kesimpulan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
        dilakukan tetapi tidak lengkap
Skor 3 = memberikan kesimpulan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
        dilakukan tetapi kurang lengkap
Skor 4 = memberikan kesimpulan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
        dilakukan dengan lengkap

Tahap Prediction
Skor 1 = tidak melakukan prediksi terhadap data tambahan yang diberikan
         mengenai mean, median dan modus
Skor 2 = melakukan prediksi terhadap data tambahan yang diberikan mengenai
         mean, median dan modus tetapi banyak kesalahan dalam melakukan
   perhitungan
Skor 3 = melakukan prediksi terhadap data tambahan yang diberikan mengenai
         mean, median dan modus tetapi ada sedikit kesalahan dalam melakukan
   perhitungan
Skor 4 = melakukan prediksi terhadap data tambahan yang diberikan mengenai
         mean, median dan modus tanpa kesalahan dalam melakukan
   perhitungan



b.      nilai merupakan jumlah skor dari tiap skala penilaian
Skor maksimal = 24
Skor minimal   = 6

c. Keterangan diisi dengan kriteria sebagai berikut :
Nilai:   19 – 24   = amat baik
      13 –  18  = baik
            7 –  12    = sedang
1 – 6       = kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar