NAMA : DEVI KURNIA FITRI
NIM
: A2F011030
TUGAS 4 PENILAIAN OTENTIK
Pembuatan Soal berdasarkan Kriteria
Reasoning Strategy
(Strategi Kognitif dan Metakognitif)
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
: VIII
Materi
: Lingkaran
Standar Kompetensi : Menentukan unsur, bagian lingkaran serta
ukurannya
Kompetensi Dasar : a. Menentukan unsur dan bagian-bagian
lingkaran
b. Menghitung keliling dan luas
lingkaran
1. Penilaian Kognitif Strategy
Kognitif Strategy
|
Soal
|
Kriteria/skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Analyze
|
Tentukan bagian-bagian lingkaran yang terdapat pada gambar di atas serta hitunglah luas bangun tersebut! |
Hanya mengidentifikasi
bagian-bagian lingkaran tanpa melakukan perhitungan terhadap luasnya
|
Mengidentifikasi
bagian-bagian lingkaran, serta melakukan perhitungan terhadap luas tetapi
banyak kesalahan dalam melakukan perhitungan
|
Mengidentifikasi
bagian-bagian lingkaran, serta melakukan perhitungan terhadap luas tetapi ada
sedikit kesalahan dalam melakukan perhitungan
|
|
Comparison
|
Melakukan perhitungan tanpa langkah-langkah sistematis
|
Melakukan perhitungan dengan langkah-langkah yang sistematis tetapi
banyak kesalahan dalam perhitungan
|
Melakukan perhitungan dengan langkah-langkah yang sistematis tetapi ada
sedikit kesalahan dalam perhitungan
|
Melakukan perhitungan dengan langkah-langkah yang sistematis tanpa kesalahan
dalam perhitungan
|
|
Inference and
interpretation
|
Perhatikan gambar di atas. Diketahui
R adalah jari-jari lingkaran besar dan r adalah jari-jari lingkaran kecil. Tentukan
perbandingan R dan r agar luas daerah yang diarsir sama dengan luas daerah
yang tidak diarsir!
|
Melakukan perhitungan tanpa langkah-langkah sistematis
|
Melakukan perhitungan dengan langkah-langkah yang sistematis tetapi ada
sedikit kesalahan dalam perhitungan
|
Melakukan perhitungan dengan langkah-langkah yang sistematis tanpa kesalahan
dalam perhitungan
|
|
Evaluation
|
Hitung jumlah luas lingkaran yang saling berpotongan Jika diameter lingkaran yang besar adalah 28 cm.Berikan solusi terbaik dalam menyelesaikan soal diatas dan beri alasan atas solusi tersebut. |
Memberi solusi namun tidak disertai penjelasan dan perhitungan.
|
Memberi solusi disertai dengan penjelasan dan memberikan perhitungan tetapi banyak kesalahan dalam menghitungnya.
|
Memberi solusi disertai dengan penjelasan dan memberikan perhitungan tetapi ada sedikit kesalahan dalam
menghitungnya.
|
Memberi solusi disertai dengan penjelasan dan memberikan perhitungan dan tidak ada kesalahan dalam menghitungnya.
|
Keterangan penilaian:
Dari hasil setiap skor dijumlahkan dan ditentukan nilai
akhir sesuai dengan persamaan:
H = (Jumlah skor/ skor maksimal) x 100
Skor maksimal = 16
Criteria kualitatif hasil penilaian
80 – 100
= sangat baik
60 – 80
= baik
40 – 60
= sedang
20 – 40
= tidak baik
≤ 19
= sangat tidak baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar