Nama : Devi
Kurnia Fitri
NIM : A2F011030
Tugas :
Penilaian Otentik 3
Tugas : Membuat rubric penilaian
berdasarkan 6 standar penilaian yaitu
1.
Matematika meliputi
pemecahan masalah, menetapkan persamaan yang digunakan serta perhitungan dalam menyelesaikan masalah
tersebut.
2.
Pembelajaran meliputi
standar kompetensi, kompetensi dasar serta indicator yang digunakan untuk
mencapai tujuan pembelajaran
3.
Keadilan dan
kesempatan meliputi
permasalahan serta penyelesaian yang diberikan
dan cara penilaian yang digunakan sama untuk semua siswa.
4.
Keterbukaan meliputi
pemberian skor yang diketahui oleh seluruh siswa, adanya pengembalian lembar
jawaban disertai dengan penjelasan jika terdapat kesalahan dalam menyelesaikan
permasalahan yang diberikan.
5.
Kesimpulan meliputi hasil
penilaian telah mencakup keseluruhan materi yang dipelajari sesuai dengan
indikatornya.
6.
Koherensi meliputi tes
yang diberikan digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai materi yang
diajarkan.
KISI-KISI
SOAL
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
Aspek Kognitif
|
|
|
|
|
|
C1
|
C2
|
C3
|
1.
|
Memahami sifat-sifat kubus dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
Menghitung luas permukaan dan volume kubus
|
·
Menentukan rumus luas
permukaan dan volume kubus
·
Menghitung luas permukaan dan volume kubus
|
|
1,2
|
3,4,5
|
SOAL
TES KOGNITIF
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.
Tuliskan rumus luas permukaan
kubus jika rusuknya p cm! (skor maksimal = 10 )
2.
Tuliskan
rumus volume dari bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi yang sama luasnya,
memiliki 12 rusuk yang sama panjang,
memiliki 8 buah titik sudut dan sudut antar rusuknya membentuk sudut
yang saling tegak lurus. Jika panjang rusuknya diketahui d
cm ! (skor
maksimal = 15)
3.
Sebuah
dadu berbentuk kubus dengan panjang rusuk 12 dm. Hitunglah luas permukaannya
dalam satuan:
a. cm2
b. mm2
(skor
maksimal = 30)
4.
Upin
ingin membuat sebuah jarring-jaring kubus dari plastic transparan dengan ukuran
panjang rusuknya 20 cm. Hitunlahg luas plastic yang dibutuhkan untuk membuat
jarring-jaring kubus tersebut ! (skor
maksimal = 20)
5.
Hitunglah
volume bangun ruang di bawah ini! (skor
maksimal = 25)
16 cm
16 cm
16 cm
KUNCI
JAWABAN SOAL TES KOGNITIF
1.
Diketahui
: panjang rusuk (r) = p cm ( skor = 2,5)
Ditanya :
rumus luas permukaan kubus = …? (skor =
2,5)
Jawab : Luas permukaan kubus = 6 x r x r = 6 x p cm x p cm = (6 x p2) cm2
(skor = 5)
2.
Diketahui
: bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi
yang sama luasnya, memiliki 12
rusuk yang sama panjang, memiliki
8 buah titik sudut dan sudut antar
rusuknya membentuk sudut yang saling tegak lurus merupakan bangun
ruang kubus.
Panjang rusuk (r) = d cm (skor = 7,5)
Ditanya :
rumus volume kubus = … ? (skor = 2,5)
Jawab : Volume kubus = r x r x r = d cm x d cm x d cm
= (d3) cm3 (skor = 10)
3.
Diketahui
: panjang rusuk (r) = 12 dm = 120 cm = 1.200 mm (skor = 7,5)
Ditanya :
luas permukaan kubus dalam satuan: a. cm2
= ..?
b. mm2 = … ? (skor = 2,5)
Jawab : a. Luas permukaan kubus = 6 x r x r = 6 x 120 cm
x 120 cm = 86.400 cm2
(skor = 10 )
b. Luas permukaan kubus = 6 x
r x r = 6 x 1.200 mm x 1.200 mm
= 8.640.000 mm2 (skor = 10 )
4.
Diketahui
: panjang rusuk (r ) = 20 cm (skor =
2,5)
Ditanya :
luas plastic yang dibutuhkan = … ? (skor = 2,5)
Jawab : Luas plastic yang dibutuhkan = 6 x r x r
= 6 x 20 cm x 20 cm = 2.400 cm2
(skor = 15)
5.
Diketahui
: gambar merupakan bangun ruang kubus dengan panjang rusuk (r ) = 16cm
(skor = 7,5)
Ditanya :
volume kubus = … ? (skor = 2,5)
Jawab :
Volume kubus = r x r x r = 16 cm x 16 cm x 16 cm = 4.096 cm3
(skor = 15)
Keterangan
:
Nilai
tes kognitif = jumlah skor
yang diperoleh pada masing – masing soal.
Nilai maksimal =
100
INSTRUMEN
PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Alokasi
Waktu :
Nama Guru :
Kelas : VIII
Nama
|
|
Aspek yang
Dinilai
|
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Penerapan
Rumus
|
Langkah-langkah
penyelesaian
|
Ketepatan
dalam perhitungan
|
|
|
A
B
C
D
E
.
.
.
|
4
|
4
|
4
|
12
|
Amat baik
|
Catatan
:
Masing-masing
aspek yang dinilai diberi skor
Kriteria
pemberian skor pada aspek yang dinilai:
Penerapan rumus
Skor 1 = tidak menerapkan rumus
Skor 2 = menerapkan rumus tetapi symbol yang
digunakan banyak yang tidak tepat
Skor 3 = menerapkan rumus tetapi symbol yang
digunakan sedikit tidak tepat
Skor 4 = menerapkan rumus dengan symbol yang tepat
Langkah-langkah penyelesaian
Skor 1 = tidak ada langkah-langkah dalam
penyelesaian masalah
Skor 2 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian
masalah tetapi tidak sistematis
Skor 3 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian
masalah tetapi kurang sistematis
Skor 4 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian masalah
dan sistematis
Ketepatan dalam Perhitungan
Skor 1 = tidak
melakukan perhitungan dalam penyelesaian masalah
Skor 2 = melakukan perhitungan tetapi banyak
kesalahan dalam penyelesaiannya
Skor 3 = melakukan perhitungan tetapi ada sedikit
kesalahan dalam penyelesaiannya
Skor 4 = melakukan perhitungan tanpa kesalahan dalam penyelesaiannya
Nilai merupakan
jumlah skor dari masing-masing aspek yang dinilai
Nilai maksimal =
12
Nilai minimal =
4
Keterangan diisi
dengan jumlah skor yang diperoleh dengan kriteria:
10
– 12 = amat baik
7
– 9 = baik
4
– 6 = cukup baik
1
– 3 = kurang baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar