Sabtu, 01 Desember 2012

TUGAS 3 PENILAIAN OTENTIK


Nama : Devi Kurnia Fitri
NIM   : A2F011030
Tugas : Penilaian Otentik 3


Tugas : Membuat rubric penilaian berdasarkan 6 standar penilaian yaitu
1.      Matematika meliputi pemecahan masalah, menetapkan persamaan yang digunakan serta  perhitungan dalam menyelesaikan masalah tersebut.
2.      Pembelajaran meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar serta indicator yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran
3.      Keadilan dan kesempatan meliputi permasalahan serta penyelesaian yang diberikan  dan cara penilaian yang digunakan sama untuk semua siswa.
4.      Keterbukaan meliputi pemberian skor yang diketahui oleh seluruh siswa, adanya pengembalian lembar jawaban disertai dengan penjelasan jika terdapat kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
5.      Kesimpulan meliputi hasil penilaian telah mencakup keseluruhan materi yang dipelajari sesuai dengan indikatornya.
6.      Koherensi meliputi tes yang diberikan digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan.



KISI-KISI SOAL

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator

Aspek Kognitif





C1
C2
C3
1.
Memahami sifat-sifat kubus dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Menghitung luas permukaan dan volume kubus
·         Menentukan rumus luas permukaan dan volume kubus
·         Menghitung luas permukaan dan volume kubus



1,2





3,4,5











SOAL TES KOGNITIF


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1.      Tuliskan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya p cm! (skor maksimal = 10 )

2.      Tuliskan rumus volume dari bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi yang sama luasnya, memiliki 12 rusuk yang sama panjang,  memiliki 8 buah titik sudut dan sudut antar rusuknya membentuk sudut yang saling tegak lurus. Jika panjang rusuknya diketahui d cm !  (skor maksimal = 15)

3.      Sebuah dadu berbentuk kubus dengan panjang rusuk 12 dm. Hitunglah luas permukaannya dalam satuan:
      a. cm2             
      b. mm2
     (skor maksimal = 30)

4.      Upin ingin membuat sebuah jarring-jaring kubus dari plastic transparan dengan ukuran panjang rusuknya 20 cm. Hitunlahg luas plastic yang dibutuhkan untuk membuat jarring-jaring kubus tersebut ! (skor maksimal = 20)

5.      Hitunglah volume bangun ruang di bawah ini! (skor maksimal = 25)

                      16 cm        
      16 cm


 
   16 cm
























KUNCI JAWABAN SOAL TES KOGNITIF


1.      Diketahui : panjang rusuk (r) = p cm ( skor = 2,5)
Ditanya    : rumus luas permukaan kubus = …? (skor = 2,5)
Jawab       : Luas permukaan kubus = 6 x r x r =  6 x p cm x p cm = (6 x p2) cm2
                   (skor = 5)

2.      Diketahui :  bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi yang sama luasnya, memiliki 12
        rusuk yang sama panjang,  memiliki 8 buah titik sudut dan sudut antar
        rusuknya membentuk sudut yang saling tegak lurus merupakan bangun
        ruang kubus.
        Panjang rusuk (r) = d cm (skor = 7,5)
            Ditanya    :  rumus volume kubus = … ? (skor = 2,5)
            Jawab       :  Volume kubus = r x r x r = d cm x d cm x d cm = (d3) cm3 (skor = 10)

3.      Diketahui : panjang rusuk (r) = 12 dm = 120 cm = 1.200 mm (skor = 7,5)
Ditanya    : luas permukaan kubus dalam satuan:  a. cm2 = ..?
                                                                                 b. mm2 = … ?        (skor = 2,5)
Jawab       : a.  Luas permukaan kubus = 6 x r x r = 6 x 120 cm x 120 cm = 86.400 cm2
                       (skor = 10 )
                   b. Luas permukaan kubus = 6 x r x r = 6 x 1.200 mm x 1.200 mm
                                                                               = 8.640.000 mm2 (skor = 10 )

4.      Diketahui : panjang rusuk (r ) = 20 cm  (skor = 2,5)     
Ditanya    : luas plastic yang dibutuhkan = … ? (skor = 2,5)     
Jawab      : Luas plastic yang dibutuhkan = 6 x r x r = 6 x 20 cm x 20 cm = 2.400 cm2
                   (skor = 15)     

5.      Diketahui : gambar merupakan bangun ruang kubus dengan panjang rusuk (r ) = 16cm
      (skor = 7,5)     
Ditanya    : volume kubus = … ? (skor = 2,5)     
Jawab       : Volume kubus = r x r x r = 16 cm x 16 cm x 16 cm = 4.096 cm3
                         (skor = 15)     
                                                             

Keterangan :
Nilai tes kognitif = jumlah skor yang diperoleh pada masing – masing soal.
Nilai maksimal = 100









INSTRUMEN PENILAIAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Alokasi Waktu            :
Nama Guru                 :
Kelas                           : VIII



Nama

Aspek yang Dinilai

Nilai
Keterangan

Penerapan Rumus
Langkah-langkah penyelesaian
Ketepatan dalam perhitungan


A
B
C
D
E
.
.
.
4
4
4
12
Amat baik



Catatan :

Masing-masing aspek yang dinilai diberi skor
Kriteria pemberian skor pada aspek yang dinilai:

Penerapan rumus
Skor 1 = tidak menerapkan rumus
Skor 2 = menerapkan rumus tetapi symbol yang digunakan banyak yang tidak tepat
Skor 3 = menerapkan rumus tetapi symbol yang digunakan sedikit tidak tepat
Skor 4 = menerapkan rumus dengan symbol yang tepat

Langkah-langkah penyelesaian
Skor 1 = tidak ada langkah-langkah dalam penyelesaian masalah
Skor 2 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian masalah tetapi tidak sistematis
Skor 3 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian masalah tetapi kurang sistematis
Skor 4 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian masalah dan sistematis

Ketepatan dalam Perhitungan
Skor 1 =  tidak melakukan perhitungan dalam penyelesaian masalah
Skor 2 = melakukan perhitungan tetapi banyak kesalahan dalam penyelesaiannya
Skor 3 = melakukan perhitungan tetapi ada sedikit kesalahan dalam penyelesaiannya
Skor 4 = melakukan perhitungan tanpa  kesalahan dalam penyelesaiannya



Nilai merupakan jumlah skor dari masing-masing aspek yang dinilai
Nilai maksimal = 12
Nilai minimal = 4

Keterangan diisi dengan jumlah skor yang diperoleh dengan kriteria:
10 – 12 = amat baik
7 – 9    = baik
4 – 6    = cukup baik
1 – 3    = kurang baik






Tidak ada komentar:

Posting Komentar