Nama : Devi
Kurnia Fitri
NIM : A2F011030
Tugas :
Penilaian Otentik 5
INSTRUMEN
PENILAIAN OTENTIK DALAM PENDIDIKAN IPA
MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Memahami sifat-sifat kubus dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
1.
Membuat jaring-jaring kubus
|
1.
Siswa mampu membuat jaring-jaring kubus dengan
berbagai bentuk dan ukuran
|
Alat
dan bahan yang disiapkan:
1.
Kertas karton.
2.
Penggaris 3. Pensil 4. Gunting 5. Lem
Uraian
Tugas:
Pada
kertas karton akan dibuat jarring-jaring
kubus sehingga diperoleh kubus dengan ukuran maksimal.
1. Buat bentuk jaring-jaring kubus sesuai dengan
instruksi yang diberikan untuk digambar pada kertas karton tersebut.
2.
Gambarlah jaring-jaring kubus yang
dipilih itu.
3.
Buatlah daerah lekukan (lidah) dengan ukuran 2cm yang akan berfungsi sebagai penghubung antar bidang sisi kubus.
4.
Setelah jaring-jaring terbentuk,
guntinglah dan bentuklah kubusnya.
5. Ukurlah panjang setiap rusuk dari kubus yang
kamu buat. Berapa panjangnya?
Format
Penilaian Produk
Mata Pelajaran/Kelas
: Matematika/ VIII
Kompetensi Dasar
: Membuat jaring-jaring kubus.
Indikator
Pencapaian Kompetensi: siswa mampu Membuat jaring-jaring kubus
No
|
Nama Siswa
|
Tahap
Persiapan
|
|
Proses pembuatan
produk
|
|
|
Penilaian
akhir produk
|
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
|
a
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
|
|
|
1
2
3
4
.
.
.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
table dan kriteria penskoran :
Ø Tahap Persiapan
a = mempersiapkan
alat dan bahan yang diperlukan
Skor 1 = tidak mempersiapkan alat dan bahan yang
diperlukan
Skor
2 = persiapan dilakukan tetapi ada 2 atau lebih alat dan bahan yang tidak
lengkap
Skor
3 = persiapan dilakukan tetapi ada 1
alat dan bahan yang tidak lengkap
Skor
4 = persiapan dilakukan beserta alat
dan bahan yang lengkap
Ø Proses pembuatan
produk
a =
Ketepatan cara menggunakan penggaris dan
jangka
Skor 1 = tidak mengerjakan
Skor 2 = banyak melakukan kesalahan dalam
menggunakan penggaris dan jangka
Skor 3 = ada sedikit kesalahan dalam menggunakan penggaris
dan jangka
Skor 4 = tidak ada kesalahan dalam menggunakan
penggaris dan jangka
b =
ketepatan/kebenaran jaring-jaring
Skor 1 = tidak
mengerjakan
Skor 2 = banyak
melakukan kesalahan dalam membuat jarring-jaring
Skor 3 = ada
sedikit melakukan kesalahan dalam membuat jarring-jaring
Skor 4 = tidak
melakukan kesalahan dalam membuat jarring-jaring
c =
kecermatan membuat jarring-jaring
skor 1 = tidak
mengerjakan
skor 2 =
banyak terdapat kekeliruan ukuran jarring-jaring
Skor 3 = ada
sedikit kekeliruan ukuran jarring-jaring
Skor 4 = tidak
terdapat kekeliruan ukuran jarring-jaring
Ø Penilaian akhir
produk
a =
Kerapian penyambungan antar sisi melalui lidah yang dibuat
skor 1 =
tidak mengerjakan
skor 2 =
tidak rapi
skor 3 =
kurang rapi
skor 4 =
rapi
b =
Ketepatan/ kebenaran bentuk kubus sebagai produk akhir
skor 1 =
tidak mengerjakan
skor 2 =
tidak benar/tepat
skor 3 =
kurang benar/tepat
skor 4 =
benar/tepat
c =
kerapian bentuk kubus sebagai produk akhir
skor 1 =
tidak mengerjakan
skor 2 =
tidak rapi
skor 3 =
kurang rapi
skor 4 =
rapi
Nilai merupakan
jumlah skor dari masing-masing aspek yang dinilai
Nilai maksimal =
28
Nilai minimal = 7
Keterangan diisi
dengan jumlah skor yang diperoleh dengan kriteria:
22
– 28 = amat baik
15
– 21 = baik
8
– 14 = cukup baik
1
– 7 = kurang baik
KISI-KISI
SOAL
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
Aspek Kognitif
|
|
|
|
|
|
C1
|
C2
|
C3
|
1.
|
Memahami sifat-sifat kubus dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
Menghitung luas permukaan dan volume kubus
|
2.
Menentukan rumus luas
permukaan dan volume kubus
3.
Menghitung luas permukaan dan volume kubus
|
|
1,2
|
3,4,5
|
SOAL
TES KOGNITIF
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.
Tuliskan rumus luas permukaan
kubus jika rusuknya p cm! (skor maksimal = 10 )
2.
Tuliskan
rumus volume dari bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi yang sama luasnya,
memiliki 12 rusuk yang sama panjang,
memiliki 8 buah titik sudut dan sudut antar rusuknya membentuk sudut
yang saling tegak lurus. Jika panjang rusuknya diketahui d
cm ! (skor
maksimal = 15)
3.
Sebuah
dadu berbentuk kubus dengan panjang rusuk 12 dm. Hitunglah luas permukaannya
dalam satuan:
a. cm2
b. mm2
(skor
maksimal = 30)
4.
Upin
ingin membuat sebuah jarring-jaring kubus dari plastic transparan dengan ukuran
panjang rusuknya 20 cm. Hitunlahg luas plastic yang dibutuhkan untuk membuat
jarring-jaring kubus tersebut ! (skor
maksimal = 20)
5.
Hitunglah
volume bangun ruang di bawah ini! (skor
maksimal = 25)
16 cm
16 cm
16 cm
KUNCI
JAWABAN SOAL TES KOGNITIF
1.
Diketahui
: panjang rusuk (r) = p cm ( skor = 2,5)
Ditanya :
rumus luas permukaan kubus = …? (skor =
2,5)
Jawab : Luas permukaan kubus = 6 x r x r = 6 x p cm x p cm = (6 x p2) cm2
(skor = 5)
2.
Diketahui
: bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi
yang sama luasnya, memiliki 12
rusuk yang sama panjang, memiliki
8 buah titik sudut dan sudut antar
rusuknya membentuk sudut yang saling tegak lurus merupakan bangun
ruang kubus.
Panjang rusuk (r) = d cm (skor = 7,5)
Ditanya :
rumus volume kubus = … ? (skor = 2,5)
Jawab : Volume kubus = r x r x r = d cm x d cm x d cm
= (d3) cm3 (skor = 10)
3.
Diketahui
: panjang rusuk (r) = 12 dm = 120 cm = 1.200 mm (skor = 7,5)
Ditanya :
luas permukaan kubus dalam satuan: a. cm2
= ..?
b. mm2 = … ? (skor = 2,5)
Jawab : a. Luas permukaan kubus = 6 x r x r = 6 x 120 cm
x 120 cm = 86.400 cm2
(skor = 10 )
b. Luas permukaan kubus = 6 x
r x r = 6 x 1.200 mm x 1.200 mm
= 8.640.000 mm2 (skor = 10 )
4.
Diketahui
: panjang rusuk (r ) = 20 cm (skor =
2,5)
Ditanya :
luas plastic yang dibutuhkan = … ? (skor = 2,5)
Jawab : Luas plastic yang dibutuhkan = 6 x r x r
= 6 x 20 cm x 20 cm = 2.400 cm2
(skor = 15)
5.
Diketahui
: gambar merupakan bangun ruang kubus dengan panjang rusuk (r ) = 16cm
(skor = 7,5)
Ditanya :
volume kubus = … ? (skor = 2,5)
Jawab :
Volume kubus = r x r x r = 16 cm x 16 cm x 16 cm = 4.096 cm3
(skor = 15)
Keterangan
:
Nilai
tes kognitif = jumlah skor
yang diperoleh pada masing – masing soal.
Nilai maksimal =
100
INSTRUMEN
PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Alokasi
Waktu :
Nama Guru :
Kelas : VIII
Nama
|
|
Aspek yang
Dinilai
|
|
Nilai
|
Keterangan
|
|
Penerapan
Rumus
|
Langkah-langkah
penyelesaian
|
Ketepatan
dalam perhitungan
|
|
|
A
B
C
D
E
.
.
.
|
4
|
4
|
4
|
12
|
Amat baik
|
Catatan
:
Masing-masing
aspek yang dinilai diberi skor
Kriteria
pemberian skor pada aspek yang dinilai:
Penerapan rumus
Skor 1 = tidak menerapkan rumus
Skor 2 = menerapkan rumus tetapi symbol yang
digunakan banyak yang tidak tepat
Skor 3 = menerapkan rumus tetapi symbol yang
digunakan sedikit tidak tepat
Skor 4 = menerapkan rumus dengan symbol yang tepat
Langkah-langkah penyelesaian
Skor 1 = tidak ada langkah-langkah dalam
penyelesaian masalah
Skor 2 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian
masalah tetapi tidak sistematis
Skor 3 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian
masalah tetapi kurang sistematis
Skor 4 = Ada langkah-langkah dalam penyelesaian
masalah dan sistematis
Ketepatan dalam Perhitungan
Skor 1 =
tidak melakukan perhitungan dalam penyelesaian masalah
Skor 2 = melakukan perhitungan tetapi banyak
kesalahan dalam penyelesaiannya
Skor 3 = melakukan perhitungan tetapi ada sedikit
kesalahan dalam penyelesaiannya
Skor 4 = melakukan perhitungan tanpa kesalahan dalam penyelesaiannya
Nilai merupakan
jumlah skor dari masing-masing aspek yang dinilai
Nilai maksimal =
12
Nilai minimal =
4
Keterangan diisi
dengan jumlah skor yang diperoleh dengan kriteria:
10
– 12 = amat baik
7
– 9 = baik
4
– 6 = cukup baik
1
– 3 = kurang baik
itu sumbernya dr mna ibu??
BalasHapusItu sesuai dengan ajaran dosennya ibu,, trs klo sumber kompetensi dasar sama materinya dri silabus mtk smp
BalasHapusItu sesuai dengan ajaran dosennya ibu,, trs klo sumber kompetensi dasar sama materinya dri silabus mtk smp
BalasHapus